Sabtu, 20 April 2013

Hoby Melukis


        Hobi Melukis

         Seni Melukis merupakan salah satu hobi yang banyak peminatnya, karena melukis merupakan ekspresi jiwa di mana setiap perasaan bisa ditumpahkan melalui lukisan tersebut sehingg menghasilkan suatu karya yang indah dan merupakan kepuasan tersendiri bagi seorang pelukis. Berawal dari hobi tersebut, melukis juga bisa menghasilkan uang apabila orang tertarik dan menikmati hasil lukisan yang dibuat dan sekaligus ingin memilikinya.


Pengertian Melukis

      Melukis adalah sebuah aktivitas mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Definisi lainnya menyatakan melukis adalah membuat gambar dengan menggunakan kuas, pulpen, pensil, dsb, baik dengan warna maupun tidak.

Jenis-Jenis dan Aliran Dalam Lukisan



1. Lukisan Figuratif



     Melukis tubuh manusia atau binatang. Pelukis perlu memahami anatomi terlebih dahulu untuk melukis. Melukis figuratif amat sukar kerana dari segi kadar bandingan adalah perkara yang menentukan keindahan dalam karya lukisan figuratif.

2. Lukisan Kajian

 

     Dilukis untuk mengkaji sesuatu benda. Misalnya kajian terhadap tumbuh-tumbuhan maka pelukis perlu melukis sesuatu bahagian itu dengan teliti sebagai bahan kajian. Kebiasaannya lukisan kajian lebih tertumpu kepada objek alam seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

3. Lukisan Informasi

 


     Adalah bertujuan untuk memberi informasi kepada pelanggan, kebiasannya dalam bentuk ilustrasi atau peta. Lukisan ini memerlukan kemahiran yang khusus dan melukis dengan cermat dan bersih.

4. Lukisan Teknikal

 

     Merupakan cabang seni yang dikatakan berkaitan saintifik. Lukisan teknikal memerlukan kemahiran dalam matematik kerana keperluan untuk melukis dengan kadar banding yang tepat. Contoh melukis kenderaan dan alatan pengguna.

5. Lukisan Konseptual

 

     Pelukis memerlukan imaginasi yang kuat untuk melukis sesuatu konsep yang baru. Misalnya sesebuah film seram memerlukan lukisan satu watak seram untuk dijadikan watak dalam cerita tersebut, maka pelukis perlu melukis konsep watak tersebut dalam bentuk fantasi.

6. Lukisan Artistik

 

     Hanya tertumpu kepada keindahan dalam pengkaryaan. Pelukis melukis hanya sekadar untuk mempamerkan karyanya sebagai sesebuah karya seni. Lukisan artistik juga dibuat dalam bentuk thamnil untuk mendapatkan idea karya-karya seni yang lain seperti arca, catan, percetakan dan sebagainya

7.Lukisan Ilustrasi

 

     Lukisan ilustrasi merupakan cabang lukisan tergolong dalam seni grafik. Lukisan ini dijadikan bahan untuk penerbitan, kartun dan animasi. Pelukis memerlukan kemahiran tertentu untuk melukis ilustrasi terutama dalam kemahiran melukis figuratif.

8. Lukisan Ekspresionisme

 

      Ekspressionisme adalah seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.

9. Lukisan Kubisme

 

      Adalah sebuah gerakan modern seni rupa pada awal abad ke-20 yang dipelopori oleh Picasso dan Braque. Prinsip dasar yang umum pada kubisme yaitu menggambarkan bentuk objek dengan cara memotong, distorsi, overlap, penyederhanaan, transparansi, deformasi, menyusun dan aneka tampak.

10. Lukisan Naturalisme

 

      Naturalisme Yaitu suatu bentuk karya seni lukis (seni rupa) dimana seniman berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyatan, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita.

11. Lukisan Realisme

 

     Dimana aliran ini mengutamakan hasil karya sangat mirip dengan asli (nyata) sehingga bila tidak jeli kita bakal mengiranya adalah sebuah foto bukan sebuah lukisan.

12. Lukisan Romantisme

 

      Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya.

13. Surrealisme

 

     Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali.

14. Abstraksionisme

 

     Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.

15. Impresionisme

 

     Berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek. Yang menjadi masalah dalam hal teknik adalah Sebagian kaum impresionis sangat mementingkan warna yang di timbulkan oleh bias cahaya,namun akdemisi mementingkan garis.

16. Fauvisme

 

      Faufisme adalah suatu reaksi terhadap post impressionime yang mempunyai teknik yang lamban dan juga mempunyai teoridevision yang kurang tepat. Aliran ini masih di pengaruhi oleh teorinya cezane tentang impressionisme.

17. Dadaisme

 

     Ciri khas dari karya dadaisme adalah sini dan tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi. Yang kemudian diungkapkan dalam bentukmain-main, mistis, sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak,juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada, sesuai dengan sifat lingkungan perang.

Peralatan Melukis

Cat minyak
Kuas untuk melukis
Tempat untuk menampung dan mengemix warna cat minyak
Kanvas
Pisau palet ( palette knife )
Pengencer cat minyak atau refined linseed oil
Thinner
Tempat Kuas
Lap
Charcoal Pencils
The Sketching Stool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar